Sekar Langit Voli TarkamSekar Langit Voli Tarkam
Spread the love

Bantul- Sekar Langit setidaknya menjuarai tiga putaran liga Bantul; Mondholiko Cup, GS Cup, dan Butuh Kidul Cup. Di Piala Lurah Glagaharjo juga juara. Setahu Livejogja, Sekar Langit hanya kalah di Dandim Cup Pedak Wijirejo 2022. Kalau dipersentase Sekar Langit bisa mencapai angka 80% juara.

Siapa Bos Sekar Langit Voli Tarkam

Namanya Wawan setiawan(34), 27/02/1989, asli putra Bantul. Tinggal di Manding Sabdo dadi Bantul. Wawan, panggilan akrabnya, adalah lulusan S1 Akuntansi di Universitas Janabadra.

Sebenarnya Wawan Setiawan lebih menggeluti sepakbola di banding Voli. Sejak remaja ia tergabung di klub Persiba Bantul. Tahun 1999, 10 tahun, ia sudah bergabung di Persiba U10. Berlanjut sampai ia masuk tim Persiba U17.

Tapi Wawan juga sempat mencicipi berlatih voli bersama Baja 78. Ia masih sempat dilatih oleh Pak Pitung, pelatih legendaris yang sudah banyak melahirkan pemain voli berkwalitas. Namun di voli ia tak bertahan lama. Kurang berkembang.

Sekar Langit sebenarnya bukan hanya tentang Voli Tarkam, tetapi juga main di lomba Layang-layang, dan Sepakbola. Kita akan bahas satu persatu.
Asal Nama Sekar Langit

Dulu, kakeknya Wawan Setiyawan adalah pejuang Kemerdekaan di zaman Soekarno. Sang kakek memimpin pasukan bernama Sekar Langit.

Berawal dari sejarah itu, sang kakek memberi wasiat ke Wawan, jika nanti punya usaha atau sejenisnya, berilah nama Sekar Langit. Harapannya, dengan Nama itu, usaha atau lainnya akan memperoleh kejayaan seperti kisah perjuangan sang kakek.

Lalu nama Sekar Langit pertama kali dipakai Wawan sebagai nama Layang-layangnya. Berhasil. Ia berjaya di dunia Layang-layang. Kemudian berlanjut ke semua usaha, dan sekarang di voli tarkam dan sepakbola.

Terbukti, nama Sekar Langit membawa kejayaan. Selain tentunya untuk mengenang perjuangan sang kakek.

Sekar Langit Layang-layang

Sebelum voli, Sekar Langit sudah lebih dahulu menggeluti Layang-layang. Dimulai tahun 1999 saat ia hobi bermain layangan. ArtinyaWawan Sekar Langit sudha mulai sejak kecil. Tak hanya hobi, Wawan juga berkembang membuat layangan Naga. Ia buat sendiri, lalu ikut lomba.

Beberapa kali juara, Wawan kemudian tergabung di KORMI(Komite Olahraga Masyarakat Indonesia). Di KORMI ia berkembang pesat, beberapa even nasional ia ikuti.
Saat Livejogja bertanya rugi berapa saat ikut lomba layang-layang, Wawan menjawab sebaliknya: Laba. Pertama, setiap peserta mendapatkan biaya transportasi dan akomodasi, untuk dua orang. Dan setiap lomba biasanya ada lima kriteria juara. Setiap kriteria hadiahnya antara 4-5 juta.

Wawan mengatakan, ia lebih sering menang. Dan lebih sering layangan yang menang akan masuk lelang. Dari harga pembuatan yang hanya tujuh jutaan, layangan bisa laku di atas 20 juta saat juara.

Bukan hanya di Indonesia, Sekar Langit pernah ikut lomba Layang-layang di Perancis. Semua biaya ditanggung pemerintah, menang, dan layangan laku terjual di lelang. Menggiurkan syekali. Haa….

Di rumah Wawan Sekar Langit memang banyak sekali kepala layangan naga. Di pajang di tembok menghiasai ruang tamu sampai ruang dapur.
Sekar Langit Sepakbola

Di sepakbola, Sekar Langit juga mendirikan klub. Pemainnya adalah teman-teman Wawan dulu. Di kumpulkan lagi untuk hiburan dan kesehayan. Wilayahnya ada hiburan semata.

Pemain yang diajak bergabung adalah dari PSIM, PSS, dan Persiba Bantul. Itu sebagai ajang reuni, sebut Wawan.
Namun bukan tanpa prestasi, Sekar Langit sepakbola juga sering menang tarkam. Sesekali mendapat hadiah, lalu dibagi, dinikmati bersama.

 

Sekar Langit Voli Tarkam

Di Voli Tarkam, Sekar Langit selalu ditunggu penggemarnya. Dimana Sekar Langit main, di situ penonton membludak. Tentu karena faktor pemain yang dipanggil.

Di awal ikut turnamen, nama Fahri Septian, Leo Sukardi, Afta Widura, Joni(toser), menjadi duet pemain andalan. Ditambah pemain lokal seperti Hata, Radit, Galih, Aris(libero), Teska, sebagai punggawa nomer duanya.

Yang bikin makin istimewa adalah pemain-paneian non regulee yang didatangkan: Yudha Mardiyansah, Ade Chandra, Luiz Perotto, Hayun, dan sederat pemain nasional lainnya.
Sebenarnya Sekar Langit baru mulai aktif di 2021. Saat pandemi Corona. Tahun beeikutnya, 2022, menjadi puncak kesuksesan Sekar Langit; lima kali ikut turnamen empat kali juara. Itu kata Bung Joko saat do Yomiuri Cup Plambongan.

Di tahun 2023, tiga seri liga Bantul dimenangkan, dan juara bertahan Piala Lurah Glagaharjo, seperti ditulis di paragaraf awal. Tahun ini masih mengikuti turnamen di GE-ES Cup Samalo, dan ada permintaan mengikuti turnamen di beberapa tempat.

Betul, Sekar Langit sekarang jadi primadona di sebuah turnamen. Setiap panitia, sebelum pendaftaran dimulai sudah ada yang datang langsung ke Sekar Langit agar mau mengikuti turnamen yang diselenggarakan.

Begitulah Sekar Langit sekarang; Sangat dipertimbangkan masuk sebuah turnamen, karena memang ditunggu penonton. Sekar Langit tidak menjamin 100% penonton memadati lapangan sebuah turnamen, tapi setidaknya 50% turnemane sukses saat ada Sekar Langit di sana.

Usaha Sekar Langit

Sekar Langit Kosmetik. Yup, Sekar Langit benar punya usaha di bidang kosmetik, seperti rumah yang sering kita dengar. Ada body skincare, skincare untuk wajah, parfum, losion. Dll. Salah satu merknya adalah Cliniva Skincare. Untuk parfum ada merk D’Goes. Dan bayak merka lainnya.

Pabriknya juga ada beberapa tempat. Karyawannyatak mau disebutkan, sayangnya. Yang terbaru akan membangun di daerah Jln. Wates.

Sekar Langit Rental. Sekar Langit juga punya rental mobil. Namanya juga Sekar Langit. Ada beberapa mobil di rumah Wawan Setiyawan, bosnya Sekar Langit. LiveJogja tak sempat menghitungnya.

Soundsistem. Selain itu ada persewaan Soundsistem, Sekar Langit namanya. Sekedar tanggapan dangdut dan slevelnya, soalnya sangat mumpuni.

Cokelat. Selain itu masih ada jualan online cokelat siap saji. Untuk lini bisnis yang ini LiveJogja tak sempat melihat bentuknya.

Konsultan Keuangan. Sebagai lulusan S1 Akuntansi, Wawan Setiyawan juga konsultan keuangan. Lebih spesifiknya konsultan akuntansi dan perpajakaan. Ia sering memberikan pelatihan pelaporan dan administrasi keuangan di beberapa perusahaan.

Setidaknya ia menjadi konsultan independent di enam perusahaan Indonesia. Dan satu perusahaan di Singapura. Tak jarang timnya ditinggal ke luar negeri saat tarkam. Biasanya yang menggantikan adalah Mas Wisnu Basuk dan Mas Wahyu Bankong.

Apakah Keuntungan Aktif Voli Tarkam Sekar Langit, Wawan mengatakan tak ada untung, selain seneng.

Penutup

Demikian sedikit informasi siap Sekar Langit sebenarnya. Mungkin tak semua tertulis di sini, tapi setidaknya beberapa informasi tentang Sekar Langit menjawab rasa penasaran pencinta voli tarkam.

Apa yang akan dilakukan Sekar Langit? Wawan tidak menjawab dengan terang. Ia lebih suka mengatakan jalani saja. Yang jelas, voli tarkam akan tetap jalan. Ia tak tahu kapan akan berhenti.

By admin

2 thoughts on “Sekar Langit Voli Tarkam”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *